Cara membuat artikel sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi blogger pemula. Terutama bagi mereka yang tidak terlatih untuk menulis artikel atau konten. Padahal, artikel atau konten merupakan core of the core atawa inti dari aktivitas blogging.
Seperti kita tahu, ada banyak ungkapan berkaitan dengan konten. Ada yang mengatakan: Content is the king (Konten itu raja). Ada pula kemudian yang menambahkan: Content is the king (Konten itu raja), context is the queen (konteks itu ratu).
Di lain kesempatan, ada yang bilang: Content isn’t the king, it’s the kingdom. (konten bukan raja, konten itu kerajaan).
Apapun kutipan, quote, atau ungkapan tentang konten, nyaris tidak ada yang meremehkan keberadaannya. Konten memiliki kedudukan penting dalam bisnis online.
Dengan menguasai cara membuat konten yang mempunyai nilai (high value) seorang pebisnis online dapat membangun relationship (hubungan baik) dengan para pelanggan. Hubungan baik akan meningkatkan trust (kepercayaan), dan kepercayaan pada gilirannya akan menghasilkan revenue (penghasilan). Itulah yang kita sebut dengan rantai penghasilan.
Cara membuat artikel di blog yang memiliki nilai tinggi
Secara sederhana artikel blog atau konten yang bernilai tinggi adalah konten yang memberi solusi kepada pembaca. Konten yang selalu diburu adalah konten yang menjawab pertanyaan pembaca, menjawab rasa ingin tahu mereka.
Menurut Jolie Miller, seorang ahli content strategy terkenal, mengatakan bahwa konten yang bernilai memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan orang-orang untuk sesaat atau sehari atau selamanya. Konten hebat menciptakan ruang bagi orang untuk berhenti sejenak dan merenung, dan ruang itulah tempat transformasi terjadi.
Baca juga: Cara membuat artikel untuk review buku
Apakah tugas kita membuat konten?
No! Bantah Andrea Fryrear, “Tugas kita bukan membuat konten. Tugas kita adalah mengubah dunia orang-orang yang mengkonsumsinya.”
Bagaimana membuat konten yang simple dan menggugah?
Ada sebuah formula cara membuat artikel untuk konten, baik itu dalam konten blog, email marketing, atau copywriting. Formula atau model tersebut dinamakan Formula AIDA (Attention – Interest – Desire – Action).
Meskipun Formula ini mungkin sudah berusia 120 tahun, tetapi hingga saat ini masih dipakai oleh banyak penulis konten. Formula AIDA ini bekerja dengan sangat efektif, bahkan telah menjadi template penulisan yang sangat legend.
Masing-masing dari empat langkah tersebut cocok dengan elemen email marketing dan blog. Dengan demikian, cara menulis artikel di blog bisa menggunakan formula AIDA.
Cara membuat artikel berdasarkan formula AIDA tersebut.
Attention-Perhatian
Content is the king, context is the queen. Setiap konten yang anda bangun harus memiliki raja dan permaisuri
Interest-Minat:
Kami memiliki 100 artikel yang siap untuk post. Yang perlu anda lakukan adalah memberi tahu kami apa yang anda inginkan. Dan, kami akan menyiapkannya untuk anda. Kami memiliki semua jenis topik, jadi apa pun topik anda, pasti ada sesuatu yang menarik bagi anda!
Desire-Keinginan:
Jika strategi ini membantu dan dapat menguntungkan bisnis atau blog pribadi anda, maka kami akan senang untuk membicarakan bagaimana kami dapat membantu anda. Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis.
Kami akan menunjukkan kepada anda mengapa kami berbeda dari perusahaan penulisan artikel lain. Anda akan membuktikan bahwa bisnis anda layak mendapatkan yang lebih baik daripada yang ditawarkan oleh penulis-penulis konten yang anda kenal.
Action Tindakan
Anda bisa join di sini >>[link artikel]<< untuk mengakses salah satu contoh konten kami.
Di mana anda mencari buku-buku murah dan berkualitas?